Rabu, 12 November 2014

Analisis Jurnal



Analisis Jurnal
“Membangun Citra Koperasi Indonesia”
Penulis : Sukidjo
(Staf Pengajar FISE Universitas Negeri Yogyakarta)


Oleh
Nama         : Muhamad
NPM          : 25213683
Kelas          : 2EB06
Fakultas     : Ekonomi
Jurusan       : Akuntansi
Kampus      : Universitas Gunadarma


Judul
Judulnya sangat menarik minat pembaca karena makna yang terkandung dalam judul tersebut ialah ajakan untuk membangun atau memperbaiki Citra Koperasi di Indonesia agar menjadi lebih baik. Seperti yang kita ketahui Koperasi di Indonesia tidak sekedar  badan usaha seperti firma, perseroan terbatas, tetapi koperasi Indonesia merupakan agen pembangunan untuk pengentasan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan berperan untuk menyebarluaskan jiwa dan semangat koperasi untuk dapat dikembangkan pada perusahaan swasta dan negara.

Abstraksi
Dalam abtraksi terdapat 2 kata kunci yaitu “citra koperasi” dan “political will”. Saran saya dalam penulisan kata kunci sebaiknya menggunakan kata yang mudah dipahami karena tidak semua orang mengerti apa itu political will atau jika ingin menggunakan kata yg sulit dipahami sebaiknya kata tersebut dijelaskan terlebih dahulu sehingga pembaca dapat mengerti apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Dari kata kunci tersebut dapat disimpulkan untuk membangun citra koperasi Indonesia agar lebih baik dibutuhkan political will (niatan pimpinan) yg kuat untuk membangun koperasi dengan cara:
·          mensosialisasikan substansi dan nilai-nilai luhur koperasi kepada seluruh warga negara, khususnya generasi muda,
·         mengembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan pada koperasi;
·         membangun jaringan kerja sama dengan pelaku ekonomi lainnya,
·          serta berani bertindak tegas terhadap koperasi yang tidak sehat maupun membubarkan organisasi yang berkedok koperasi.

Pendahuluan
Dalam bagian pendahuluan terdapat pesan yang cukup baik yaitu Pemerintah harus memainkan peran yang aktif untuk menjaga kelestarian dan mengembangkan koperasi agar dapat menjadi sektor ekonomi yang kuat dengan cara membentuk usaha dengan modal sendiri tanpa modal asing. Jika terjadi kekurangan modal, pemecahannya dilakukan dengan meminjam modal dari luar negeri bukan bekerja sama dengan pihak asing. Dengan demikian pihak asing tidak berhak mencampuri kegiatan usaha. Demikian juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli, dapat dilakukan dengan memanfaatkan tenaga-tenaga ahli asing namun tetap berada dalam pengawasan dari manajemen social. Yang berarti tenaga asing hanya sebagai pekerja bukan pimpinan sehingga tenaga asing dapat diawasi oleh orang pribumi.

isi
untuk isi  menurut saya sudah cukup baik karena Penulis banyak menggunakan pendapat ahli, sehingga memperkuat teori yang telah diberikan. Tetapi menurut saya sebaiknya penulis menggunakan pendapat ahli yang sudah disimpulkan sendiri. Sehingga isinya lebih mudah dipahami pembaca dan pembaca tidak merasa bosan.

Kesimpulan
Menurut saya kesimpulanya cukup baik karena beberapa sub bab isi sudah dibuat inti-intinya sehingga pembaca bisa memahami isi hanya dengan membaca kesimpulannya. Tetapi akan lebih baik jika semua sub bab isi dibuat inti-intinya.

Daftar Pustaka
Untuk daftar pustakanya sudah sangat baik karena sudah tersusun berdasarkan abjad, namun ada kesalahan sedikit pada penulisan kata “melalui” yg ditulis “melali”  pada bagian refrensi
Jangkung Handoyo Mulyo (2007). Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan Melali Pemberdayaan Gerakan Koperasi. http://io.ppi-jepang.org/article.

Mohon maaf jika ada salah-salah kata dalam memberikan analis. Dan semoga masukan dari saya bisa membantu penulis  agar lebih baik lagi  dalam pembuatan  jurnal   di  masa  yang  akan  datang.


link untuk download jurnalnya
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/CITRA%20KOPERASI%20IND..pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar